™[Mari Mengenal Satwa Eksotik , Jangan Ragu Untuk Bertanya!!!]™

Argus Monitor, Varanus Panoptes, Hornii

Kamis, 06 April 2017

Argus Monitor, Varanus Panoptes, Hornii

Pada Pemaparan kali ini ane mau ngejelasin varanus (biawak) yang sangat eksotis ini. Keunikannya adalah dia bisa tripod (berdiri), unik kan hehe...........

Sumber: Google

Biawak Argus adalah jenis biawak yang kuat dan hidup di padang rumput dan berasal dari selatan papua nugini hingga Australia. Biawak Argus adalah jenis biawak yang lumayan besar dan dapat tumbuh hingga 2,5 meter panjang total dari ujung kepala hingga ekor. Mereka adalah jenis kadal yang aktif dan mengejar mangsanya. salah satu ciri Khas biawak jenis ini, adalah mereka bisa berdiri dengan kedua kaki belakangnya yang kuat. menurut ane setelah melihat biawak Argus berdiri dengan dua kaki belakangnya, yang teringat oleh saya adalah dinosaurus wkakakakak. Mereka tidak terlalu mahir dalam memanjat dan berenang, kebanyakan harinya di habiskan di padang rumput atau daerah terestrial lainnya. mengetahui jenis kelaminnya tdk mudah, jantan biasanaya memiliki tubuh yang paling besar. udah gitu aja hehe.....

Sumber: Google

1. Kandang
Argus baby dapat dipelihara di terrariuam atau aquarium berukuran P:60cm L:40cm T:40cm, tapi mereka dapat tumbuh dengan cepat dan argus yang lebih besar harus dipelihara di kandang yang lebih besar. Argus yang sudah dewasa dapat dipelihara di kandang P:4m L:2m T:1,5m dan diberikan alas yang dapat digali seperti contoh tanah dan chocopeat. betina dapat dipelihara di kandang yang lebih kecil. dan untuk Argus yang berukuran monster kadang membutuhkan kandang seukuran kamar kita.






2. Alas atau Substrat
Menurut ane untuk alas kandang yang tepat adalah koran, pasir, serbuk kelapa, dan ada baiknya sediakan lapisan alas kandang yang tebal gunanya agar biawak bisa menggali.

 Sumber: Google

3. Makanan
Biawak Argus termasuk jenis biawak yang oportunis seperti biawak pada umumnya, mereka hampir memakan semua jenis serangga dan mamalia kecil yang dapat ditemukan. Makanan idealnya; tikus kecil, Tikus rat, jangkrik, superworms, hati sapi, dan telur yang direbus.Diet campuran makanan ini, dua sampai tiga kali per-minggu akan menjamin pertumbuhan dan kesehatan. Dengan jadwal pemberian makan yang teratur dan pola menu makan secara bergantian hal tersebut akan memberikan komposisi gizi yang baik bagi biawak.

4. Kebersihan
Kandang harus dibersihkan bila kotor. Sisa makanan dan kotoran hewan harus dibersihkan beberapa kali dalam 1 minggu. alas kandang harus diganti setiap sebulan sekali dan air minum yang bersih harus disediakan setiap saat. Biawak Argus dapat di pegang setiap saat tapi ada baiknya memberikan waktu mereka untuk berdaptasi dengan kandang barunya agar lebih jinak. selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang binatang yah.

 Sumber: Google

Demikian Pemaparan dari penulis yang dapat disampaikan, semoga dari penjelasan ini dapat bermanfaat untuk calon varanus keeper. Kurang lebihnya penulis mohon maaf bila ada salah tulis dan lain sebagainya.
Trimakasih
Penulis: Hilmi Fauzin Nabil Ali

Semua binatang buas, seperti biawak apabila kita merawatnya dengan sepenuh hati maka bisa dijadikan hewan peliharaan yang eksotis dan menggemaskan.




 

Creatif By : admin | Belajar Mengenal Varanus

Terimah Kasih telah membaca artikel --> Argus Monitor, Varanus Panoptes, Hornii. Yang ditulis oleh Admin . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih
comments