™[Mari Mengenal Satwa Eksotik , Jangan Ragu Untuk Bertanya!!!]™

SAVMON (Varanus Exanthematicus)

Kamis, 06 April 2017

SAVMON (Varanus Exanthematicus)

Kali ini ane bakal memaparkan varanus (Biawak) yang unik dan menggemaskan ini yaitu SAVMON (savannah monitor) istilah latinnya Varanus Exanthematicus.

Kalau Kamu suka biawak pasti kamu suka Savmon. Ya, salah satu biawak darat (Monitor Lizard) dari Afrika ini memang menggemaskan. Dan sangat populer di antara Hobies reptil di dunia. Dieropa di kenal dengan Bosc's monitor atas nama penemunya  Louis Bosc.


Sumber: Penulis

Mukanya yang pongo (rada polos menurut saya red ) sangat lucu di tambah badannya yang gendut menjadikan reptil yang satu ini banyak diminati hobiers. Tapi harus diingat savmon bisa besar looooh, jadi diharapkan hobiers harus sudah mempelajarinya dulu sebelum mencoba memelihara.

lizard jenis Savannah Monitor/ Savamon, Lizard jenis ini berasal dari negara Afrika dengan iklim panas dan kering. Savannah monitor adalah kadal yang tercipta dengan anggota tubuh dan Ujung kaki yang pendek, serta tulang2 dan gigi yang disesuaikan untuk dapat membunuh mangsa mereka yang cukup keras. Ukuran maksimum dari hewan ini rata sekitar 1 meter panjangnya namun sangat jarang, dan untuk betinanya biasanya lebih kecil. Savannah Monitor mempunya sisik yang cukup kasar dan besar yang berada di sekitar tubuh bagian tengah.

 Sumber: Google

Di alam liar mereka suka berjemur dibawah matahari sambil tidur diatas bebatuan. Monitor ini hidup di daerah gurun yang kering. Biasanya tinggal di gurun sahara Africa. Di dalam kelasnya, hewan ini tinggal di dalam gua dengan suhu sekitar 75 F. Makanan savmon ketika di alam liar adalah kecoa, burung, serangga, dan reptil2 kecil. Predator hewan ini adalah burung Elang.

Siklus hidup mulai dari telur, lalu tumbuh menjadi besar, lalu bereproduksi dan mati. Lamanya umur untuk monitor ini +- 15 tahun. Monitor suka tinggal sendirian, tidak suka ber kelompok seperti hewan lainnya. Monitor ini mempunyai 2 atau 3 keturunan seperti hewan reptil kebanyakan. Savannah Monitor mempunyai gigitan yang keras dan buntut yang keras juga. Buntutnya dapat tumbuh sampai sama dengan panjang badannya. Mereka bukan pelari atau perenang yang cepat. Savmon mengunyah makanannya dengan keras. Dan mereka benar-benar tidak mempunyai wangi tubuh atau keharuman. Kecuali kotorannya yang wangi....wkwkwkwk.
 
Beberapa hal yang harus diketahui tentang savmon...................
  • Savmon bisa sangat anteng (tidak galak, tidak lari, dan tidak gigit) bisa juga galak sih, kan savmon bukan boneka wkwkwkwk.
  • Sering handling bisa membuat savmon menjadi anteng atau dengan teknik building trusting juga dapat membuat savmon percaya kepada keepernya bahwasannya keeper tersebut tidak bahaya alias bisa anteng.
  • Savmon bisa besar hingga 100cm jadi membutuhkan ukuran kandang yang terus sesuai dengan besarnya.
  • Savmon hidup di Afrika yang panas jadi usahakan rajin menjemurnya atau memakai lampu yang panas (ane sih pake lampu spot 60watt).
  • Savmon baby makan jangkrik, ikan kecil, pingkis. tidak disarankan memberi makan savmon baby dengan fillet ayam.
  • Semakin besar ukuran savmon, maka semakin besar pula nafsu makannya, mereka itu tongedan dan bikin kantong jebol wkwkwk.
  • Penyakit yang sering didapati di savmon adalah MBD dan pencernaan.
  • MBD (Metabolic Bone Disease) kurangnya kalsium pada tulang bisa berakibat kelumpuhan.
  • Pencernaan yang rusak bisa mengakibatkan muntah, susah pup dan malas makan.
  • Sexing savmon adalah hal yang sulit kecuali jika ia pup lalu hemi penisnya keluar maka itu adalah male (jantan).


Sumber: Penulis
 

Sumber: Google

 
Sumber: Penulis


Sekian Penjelasan mengenai Savannah Monitor yang dapat dipublikasikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan yeeeeeee........... dan jangan bosen-bosen membaca tentang artikel ini agar dapat menambah wawasan tentang ruang lingkup varanus. Jangan sungkan untuk bertanya.......
penulis: Hilmi Fauzin Nabil Ali



Semua binatang buas, seperti biawak apabila kita merawatnya dengan sepenuh hati maka bisa dijadikan hewan peliharaan yang eksotis dan menggemaskan.

Creatif By : admin | Belajar Mengenal Varanus

Terimah Kasih telah membaca artikel --> SAVMON (Varanus Exanthematicus). Yang ditulis oleh Admin . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih
comments