™[Mari Mengenal Satwa Eksotik , Jangan Ragu Untuk Bertanya!!!]™

Varanus Melinus (Quince Monitor)

Kamis, 13 April 2017

Varanus Melinus (Quince Monitor)

Quince Monitor (Varanus melinus) adalah spesies biawak endemik Indonesia yaitu di pulau Sula, Kepulauan Maluku dan pulau Banggai, Sulawesi Tengah. Hal ini sangat erat kaitannya dengan monitor bakau (Varanus indicus), dengan kedua milik subgenus Euprepiosaurus.

 Sumber: google

1. Deskripsi
Monitor quince atau V. Melinus memiliki kepala kuning cerah, kaki, punggung hingga ekor. Varanus melinus memiliki retikulasi hitam pada bagian bawah lehernya. Ekor memiliki bolak band kuning dan hitam yang mendapatkan pucat menuju sepertiga terakhir. Lidahnya memiliki warna merah muda dengan warna dengan sedikit variasi. lubang hidung quince monitor terletak lebih dekat ke ujung moncongnya daripada matanya. Spesies ini bisa mencapai 80-120 sentimeter (2,6-3,9 ft) panjang total (ujung kepala - ujung ekor).

2. Makanan
Seperti biawak pada umumnya. V.Melinus ini pemakan daging (karnivora) makanannya berupa telur, ikan, serangga, hingga bangkai.

Sumber: google

 Quince Monitor
Conservation status
CITES Appendix II (CITES)
Scientific classification
 Kingdom:     Animalia
 Phylum:   Chordata
Class:     Reptilia
   Order:     Squamata
Suborder:  Lacertilia
 Family:     Varanidae
Genus:   Varanus
             Subgenus:     Euprepiosaurus[1]
Species:     V. melinus
Binomial name
Varanus melinus
Böhme & Ziegler, 1997

Demikian penjelasan singkat mengenai Quince Monitor yang dapat dipublikasikan....
Semoga dapat bermanfaat...... Trimakasih

Penulis: Hilmi Fauzin Nabil Ali

Semua binatang buas, seperti biawak apabila kita merawatnya dengan sepenuh hati maka bisa dijadikan hewan peliharaan yang eksotis dan menggemaskan.







Creatif By : admin | Belajar Mengenal Varanus

Terimah Kasih telah membaca artikel --> Varanus Melinus (Quince Monitor). Yang ditulis oleh Admin . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih
comments